--> Skip to main content

9 Bahan Alami Obat Cacingan Sangat Ampuh Menyembuhkan Penyakit Cacingan

9 Bahan Alami Obat Cacing Terbukti Ampuh

Pada umumnya, penyakit cacingan memang terjadi pada anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa pun juga bisa mengalami hal ini. Ada berbagai macam jenis cacing yang dapat menyebabkan penyakit cacingan pada manusia, salah satunya yang menjadi paling umum adalah cacing kremi. Penyakit cacingan sangatlah mudah untuk diobati dengan mengonsumsi obat cacing yang tersedia di toko obat terdekat.

Namun, Orang-orang lebih banyak memilih untuk menggunakan bahan alami sebagai obat cacingan, karena lebih dianggap aman dan juga nyaman. Ada beberapa bahan alami yang sangat dipercaya ampuh untuk mengobati cacingan dengan efisien. Bahan-bahan alami ini juga sangatlah mudah untuk ditemui didalam kehidupan sehari-hari.

Faktor-faktor yang akan mengakibatkan penyakit cacingan ini antara lain kurangnya kebersihan, suhu yang lembap, pasokan air, serta sanitasi. Bukan hanya dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, pencegahan infeksi penyakit cacingan dapat dilakukan dengan pemberian obat cacing kremi.

Apa itu Cacing Kremi ?

Cacing kremi merupakan parasit kecil yang dapat hidup di dalam saluran sistem pencernaan manusia, khusunya di dalam usus besar dan rektum. Cacing ini memiliki bentuk yang berwarna putih dan dilihat sekilas memang terlihat nampak seperti benang putih yang rata-rata memiliki panjang tubuh 5 sampai 13 milimeter.

Kamu bisa mengalami infeksi oleh cacing kremi karena secara tidak sadar Kamu telah memakan telur cacing kremi ini baik dari makanan ataupun benda lainnya yang sudah terkontaminasi dengan cacing tersebut. Setelah tertelan, cacing ini akan masuk ke dalam sistem pencernaan Kamu dan akan meletakkan telurnya di lipatan kulit di sekitar anus saat Kamu sedang tertidur.

Meskipun penyakit cacingan bukan termasuk penyakit yang serius, namun hal ini akan menimbulkan gejala yang sedikit mengganggu aktivitas keseharian Kamu, yaitu akan timbul rasa gatal di sekitar anus atau pantat.

Bukan hanya itu, gejala lain yang akan timbul seperti mengalami iritasi kulit di sekitar anus, sulit untuk tidur, dan terkadang cacing akan menyebar dari area anus menuju ke vagina (apabila perempuan). Nah, apabila hal ini terjadi akan menimbulkan gatal di area vagina dan Kamu akan lebih rentan untuk mengalami komplikasi, seperti peradangan vagina atau disebut dengan vaginitis.

Penyebab Cacingan

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit cacingan, di antaranya:

  1. Mengonsumsi daging yang kurang matang dari hewan yang sudah terinfeksi
  2. Tidak sengaja menelan tanah yang terkontaminasi
  3. Minum air yang terkontaminasi
  4. Tidak menggunakan alas kaki saat menginjak tanah contohnya sendal atau sepatu
  5. Tidak mencuci tangan secara rutin
  6. Kurangnya kebersihan lingkungan atau sanitasi yang buruk.

Bahan Alami Obat Cacingan Terbukti Ampuh

1. Bawang Putih

Bawang putih ampuh menjadi obat cacing kremi dengan cara memusnahkan telur cacing dan mencegah cacing kremi betina bertelur dan berkembang biak lebih banyak di dalam tubuh, karena bawang putih mengandung zat antiparasit. Kamu dapat memakan bawang putih secara langsung atau ditambahkan ke dalam hidangan makanan dan juga Kamu dapat mengoleskannya seperti salep.

Untuk membuat salep, geruslah bawang putih secukupnya sampai benar-benar halus dan menjadi seperti pasta. Kemudian campurkan pasta bawang putih tersebut dengan minyak esensial untuk dioleskan pada area anus yang gatal dengan menggunakan kapas.

2. Wortel

Selain bawang, Kamu juga bisa mengonsumsi wortel sebagai bahan alami obat cacing kremi. Wortel memiliki kandungan yang kaya akan serat yang mampu menjaga sistem saluran pencernaan agar tetap sehat dan meningkatkan pergerakan usus yang akan mendorong cacing yang berada didalam usus keluar dari dalam tubuh. Konsumsi wortel mentah yang sudah dicuci bersih, sebanyak dua kali sehari sebagai obat cacing alami. Apabila Kamu mempunyai alergi terhadap wortel, hindari untuk mengonsumsi sayuran ini.

3. Kulit Mangga

Umumnya orang yang makan buah mangga, kulitnya akan langsung dibuang begitu saja. Mulai saat ini ada baiknya Kamu jangan langsung membuangnya, karena kulit mangga ini mampu untuk menyembuhkan penyakit cacingan. Di dalam kulit mangga terkandung zat AHA, yang umumnya dapat Kamu temukan pada produk-produk kecantikan. Tetapi, karena sifatnya antelmintik, maka kulit buah yang satu ini mampu membasmi kuman yang terdapat di dalam tubuh. Caranya tidak lah sulit, rebuslah kulit mangga yang sudah dibersihkan terlebih dahulu selama 15 - 20 menit. Lalu minumlah air rebusan tersebut secara rutin sampai cacing kremi keluar dari dalam tubuh.

4. Biji Labu

Biji labu memiliki kandungan asam amino, senyawa berberin, palatine, asam lemak, dan cucurbitacin. Sebuah studi menyatakan bahwa senyawa ini dapat membuat biji labu efektif melawan parasit yang terdapat di dalam tubuh. Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2016 menemukan bahwa ekstrak biji labu memiliki beberapa aktivitas antiparasit. Kamu juga dapat menjadikan biji labu sebagai hidangan olahan.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sering kali dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan. Minyak kelapa ini dapat dijadikan obat cacing alami karena mengandung sifat antibakteri dan antiviral yang dapat membantu membersihkan infeksi cacing kremi. Pengobatan ini membutuhkan dua langkah kerja. Yang pertama, Kamu dapat mengonsumsi 1sdt minyak kelapa murni pada pagi hari. Nah, langkah kedua balurkan atau gosokkan minyak kelapa tersebut ke area anus, saat malam hari sebelum tidur.

6. Pepaya

Sebuah Studi yang diterbitkan dalam Journal of Medicine Food pada tahun 2007, mengatakan bahwa anak yang berusia diatas 1 tahun, dengan mengonsumsi pepaya dan madu kotorannya dari parasit penyebab cacingan menjadi jauh lebih bersih.

Tidak hanya itu, sebuah studi pada tahun 2012 yang dilakukan pada tikus pun menunjukkan bahwa biji pepaya dapat mengobati infeksi cacing. Sayangnya, penelitian tersebut tidak ada yang menunjukkan pada manusia bahwa manfaat ini efektif untuk dilakukan. Selain itu, Kamu dapat menjadikan pepaya sebagai olahan lain.

7. Jahe

Sejak dulu kala pun, jahe sudah dijadikan sebagai bahan obat alami untuk berbagai penyakit. Jahe memiliki kandungan senyawa gingerol yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu menghilangkan cacing parasit yang terdapat didalam usus. Kamu hanya perlu menambahkan 2,5cm sampai 5cm jahe yang sudah dicincang dan masukkan kedalam wadah yang berisi air bersih lalu rebus selama 5 menit. Saring air rebusan tersebut terlebih dahulu, lalu Kamu dapat meminumnya saat air rebusannya hangat sebagai obat cacing alami.

8. Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan senyawa eugenol sebagai agen antibakteri yang kuat. Cengkeh dapat memusnahkan parasit yang berada didalam usus, termasuk larva maupun telurnya. Kamu hanya perlu memasukkan 2-3 siung cengkeh kedalam air mendidih. Lalu diamkan selama 5 menit dan saring. Kemudian minum pada saat hangat atau tambahkan sedikit madu untuk menambah kelezatannya.

9. Jus Pare

Banyak orang yang malas makan pare karena terkenal dengan rasanya yang pahitnya. Tapi siapa sangka, pare dapat dijadikan sebagai cara alami untuk mengobati cacingan. Pare memiliki kandungan zat yang bisa menjadi racun alami untuk membunuh parasit dan telur cacing sebagai penyebab penyakit cacingan. Namun, racun alami tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk menjadikan pare sebagai obat maka sebaiknya dibuat sebagai jus. Sementara untuk mengurangi rasa pahitnya, bisa ditambahkan dengan madu atau gula aren.

Obat Cacing Kremi di Apotek

Ada beberapa pilihan untuk obat cacing kremi yang dapat Kamu pertimbangkan dan beli diapotek. Berikut ini adalah beberapa referensi obat cacing kremi yang bisa Kamu konsumsi.

1. Albendazole

Albendazole merupakan jenis obat antihelmintik yang berfungsi untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh cacing, seperti cacing kremi, pita, tambang, cambuk dan cacing gelang. Obat ini sangat ampuh untuk membantu mematikan cacing yan terdapat didalam tubuh. Namun biasanya obat ini hanya bisa Kamu peroleh melalui resep dari dokter.

Sama halnya dengan bahaya antibiotik yang tanpa resep dokter, obat cacing ini pun nantinya akan berisiko membahayakan kesehatan tubuh apabila Kamu mengonsumsinya tanpa tahu berapa takaran yang benar dari dokter. Itu sebabnya, sebelum mengonsumsi obat ini ada baiknya Kamu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar tidak mengalami kesalahan takaran.

2. Pirantel Pamoat

Obat cacing satu ini akan akan membuat cacing yang terdapat didalam tubuh mengalami kelumpuhan spastik. Cacing yang mengalami kelumpuhan tersebut akan mudah terbawa keluar bersamaan dengan tinja. Setelah keluar dari tubuh, cacing akan segera mati. Pemakaian obat ini berupa dosis tunggal, yaitu hanya satu kali minum saja. Namun dosis obat untuk diminum ini biasanya dihitung per berat badan seseorang, yaitu 10 mg/kgBB. Walaupun begitu, untuk mengonsumsi obat ini tidak dianjurkan lebih dari 1 gram.

Khusus untuk obat ini, Anda bisa membelinya tanpa harus dengan resep dokter. Namun tetap saja keterangan label harus diperhatikan sungguh-sungguh.

3. Mebendazole

Mebendazole merupakan obat yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh cacing dengan cara memusnahkan dan membunuh cacing yang menginfeksi saluran sistem pencernaan. Cara kerja dari obat ini untuk mencegah cacing yang akan menyerap gula sebagai sumber makanannya untuk berkembang biar.

Walaupun mebendazole ampuh untuk membunuh cacing besar atau dewasa, akan tetapi obat ini tidak akan berpengaruh pada telur cacing. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk melakukan pencegahan siklus terjadinya infeksi kembali yaitu dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan bersih agar telur cacing tidak berkembang biak.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar